SOSIALSASI DAN EDUKASI IMPLEMENTASI PENYALURAN BANTUAN SOSIAL NON TUNAI DIY 2019

wahyun 15 Juli 2019 14:34:46 WIB

Putat (SIDA) – Program seapik apapun tidak akan optimal kemanfaatannya untuk masyarakat jika tidak disertai sosialisasi yang masif. Hal inilah yang melatarbelakangi Bank Indonesia sebagai penyalur Bantuan Sosial Non Tunai (BPNT) melaksanakan acara edukasi kepada keluarga penerima manfaat (KPM). Acara yang dihadiri oleh 100 peserta yang terdiri dari KPM, Korcam PKH, TKSK se-Kabupaten Gunungkidul, dan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gunungkidul ini dilaksanakan di Balai Desa Putat, Kamis (11 Juli 2019).

Pada kesempatan ini, Muhammad Ruysdi, pemateri dari Bank Indonesia menyampaikan kepada para KPM terkait cara merawat dan menjaga keamanan KKS (Kartu Keluarga Sejahtera). Adapun cara perawatannya adalah kartu jangan disimpan di dompet lipat atau di jok motor. PIN harus dijaga kerahasiaannya, jangan ditulis atau ditempel di kartu. Selain itu PIN jangan diberitahukan kepada orang yang tidak dipercaya.

Pada akhir materi, pemateri muda ini menyampaikan bahwa bantuan BNPT ataupun PKH harus dibelanjakan secara bijak yaitu dengan dibelanjakan sesuai komponen penerima dan selebihnya ditabung. “Tidak boleh untuk foya-foya seperti buat nge-mall,” selorohnya yang langsung dibalas dengan tawa para KPM.

Acara yang berlangsung hingga siang hari ini semakin menarik karena di tengah-tengah materi, berbagai hadiah sebagai door prize diberikan, seperti payung, mug, dan jam dinding. [YN]

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Putat

tampilkan dalam peta lebih besar