PESONA BATOERHILL; PEMENTASAN SANDIWARA KEBLINGER

wahyun 15 Juli 2019 14:07:46 WIB

Putat (SIDA) – Pesona Batoerhill yang terletak di Padukuhan Batur, Desa Putat, Patuk memang tidak dipungkiri lagi. Bahkan sebagian masyarakat ada yang menyebutnya sebagai negeri di atas awan. Hal ini lumrah karena di Batoerhill pengunjung dapat melihat hamparan sebagian wilayah Gunungkidul dari atas bukit. Di pagi hari mata pengunjung dimanjakan dengan pemandangan sun rise yang membelah lautan kabut. Sore harinya pengunjung terpuaskan dengan sun set di balik bukit. Di tempat indah inilah pementasan sandiwara bahasa jawa “KEBLINGER” diselelenggarakan pada Rabu (10 Juli 2019).

Pementasan sandiwara yang diadaptasi dari naskah “Dumeh” karya Elyandra Widharta ini dimeriahkan dengan penampilan seni tradisional gejok lesung oleh ibu-ibu warga Padukuhan Batur. Selain itu tarian yang dibawakan oleh pemudi Padukuhan Batur juga menambah meriahnya suasana.

Dengan pementasan ini diharapkan dapat menambah kecintaan masyarakat khususnya generasi muda terhadap budaya. Langkah ini sebagai salah satu upaya mencegah dampak negatif globalisasi.

Sebagai tamu istimewa pada acara pementasan KEBLINGER ke-tiga setelah di Gedangsari dan di Beji ini adalah Bupati Gunungkidul, Hj. Badingah, S.Sos. dalam kesempatan ini Bupati yang sudah memimpin Gunungkidul dua periode ini menghimbau masyarakat agar nguri-uri budaya jawa. “Semoga generasi penerus semakin cinta dengan budaya jawa,” Imbuhnya. [YN]

Komentar atas PESONA BATOERHILL; PEMENTASAN SANDIWARA KEBLINGER

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Putat

tampilkan dalam peta lebih besar