LONGSOR, BPBD GUNUNGKIDUL SEGERA LAKUKAN EVAKUASI DI DESA MERTELU

L_Meong 08 Maret 2019 10:48:46 WIB

TRIBUNJOGJA.COM,GUNUNGKIDUL - Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) Kabupaten Gunungkidul segera lakukan evakuasi setelah mendapatkan laporan adanya tanah longsor di Krinjing, Desa Mertelu pada hari Rabu, (6/3/2019).

Tim Reaksi Cepat (TRC) Kusmiyanto mengatakan langsung mendatangi lokasi kejadian tanah longsor dan assesment, pendataan, yang terpenting adalah menyelamatkan 5 jiwa dari dua Kepala Keluarga (KK) yang terisolir karena longsor.

"Jembatan putus dan samping rumahnya persis terjadi longsoran, Alhamdulillah berkat kerjasama dari masyarakat Polsek Gedangsari, TRC BPBD Gunungkidul, warga, dan save rescue kelima warga bisa dievakuasi dengan selamat," katanya.

Ia mengatakan untuk pada kejadian ini tidak ada korban jiwa namun banyak ternak warga yang hanyut saat kejadian tersebut.

"Ada satu sapi dan 30 ayam milik warga hanyut dan tidak bisa ditemukan. Besok ada beberapa unsur yang berencana akan kerja bakti seperti dari relawan, Polres Gunungkidul untuk membuka jalan dan juga membuat jembatan darurat," ucapnya.

Terpisah Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul, Edy Basuki menuturkan pada hari ini tanah longsor juga terjadi di beberapa titik seperti di Desa Mertelu dan juga Desa Tegalrejo.

"Akibat longsoran tanah mengenai rumah-rumah membuat warga menderita kerugian materi, sedangkan untuk korban jiwa belum ada," katanya.

Selain itu berkenaan dengan hujan yang saat ini tak kunjung reda dan berpotensi menaikkan debit air dirinya mengimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaanya.

"Terutama bagi masyarakat yang bermukim di sepanjang bantaran Sungai Oya dan sungai lainnya untuk tetap waspada dan juga siap siaga. Masyarakat agar tetap tenang dan terus memantau keadaan sekitar jika ada yang memerlukan bantuan BPbD bisa langsung menghubungi nomor 0274-394091," katanya.

Sementara itu Kapolsek Gedangsari, AKP Edy Purnomo menuturkan medan yang gelap dan juga licin menyukitkan para petugas untuk melakukan evakuasi.

"Akibat tanah longsor dan juga banjir membuat jalan putus, untuk besok akan dilakukan kerja bakti gotong royong membersihkan sepanjang jalan menuju lokasi karena ada tiang listrik yang rubuh, dan rencananya besok Kapolres akan hadir dalam kegiatan tersebut," ucapnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

 

Sumber : http://jogja.tribunnews.com/2019/03/06/longsor-bpbd-gunungkidul-segera-lakukan-evakuasi-di-desa-mertelu

Penulis: Wisang Seto Pangaribowo   

Editor: Ari Nugroho

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Putat

tampilkan dalam peta lebih besar