PESONA INDONESIA, TVRI LIRIK KESENIAN TARI WAYANG TOPENG BOBUNG

L_Meong 20 Maret 2018 07:33:51 WIB

Putat (SIDA) – Bobung seperti tak ada hentinya menarik perhatian publik. Selain memiliki kerajinan topeng yang menjadi ciri khasnya, Bobung ternyata juga memiliki sebuah kesenian asli yang telah wariskan dua generasi ini. “Tari wayang topeng,” begitulah jawab Sugiman (seniman tari wayang topeng sekaligus instruktur) saat crew TVRI melakukan wawancara untuk sebuah program siaran yang akan di tayangkan 12 April mendatang (Pesona Indoneia).

Dalam pengambilan gambar pada 17-20 Maret 2018 ini mereka melibatkan beberapa kalangan, mulai dari pengrajin topeng, seniman sampai dengan generasi muda yang akan meneruskan kebudayaan tersebut. Mereka berencana mengulas tuntas tema mengenai tari wayang topeng ini, dan menemukan perbedaan mengenai wayang topeng dan tari wayang topeng.

Orang awam mungkin berasumsi bahwa wayang topeng dan tari wayang topeng ini sama, namun nyatanya dua kesenian ini memiliki perbedaan. Dalam pertunjukan wayang topeng, pemain tidak hanya sekedar menari dengan mengenakan topeng untuk menutupi wajah namun juga terjadi dialog di dalamnya. Tari wayang topeng merupakan suatu tarian ekspresi jiwa dari tokoh-tokoh wayang, dimana watak dan kasta tokoh tersebut diadopsi menjadi sebuah tarian. Ya, tari wayang topeng merupakan suatu suguhan yang menarik dan memiliki alur cerita edukatif yang disajikan dalam tari-tarian, dimana para senimannya pengenakan kostum dan topeng sesuai peran yang mereka peragakan. Untuk melestarikan budaya nenek moyang ini, warga Bobung melestarikan wayang topeng yang sudah mulai langka dan memperkaya dengan versinya sebagai ciri khas Bobung.

“Saya sudah pernah meliput menganai topeng, tapi baru kali ini saya tau perbedaan wayang topeng dan tari wayang topeng itu,” ujar Gatot atau lebih akrab dipanggil Gapong salah satu crew dari TVRI. "Dan saya optimis dengan tema yang kami angkat ini karena tujuan kami adalah juara, bukan sekedar calon juara," imbuhnya.

Pengambilan gambar akan diakhiri dengan pementasan sendratari yang akan digelar 20 Maret malam di Joglo Puratama Wisata. Dalam acara senratari ini akan mepertunjukkan lakon Panji Kromo yang dikarang oleh Sugiman.

“Rencananya kesenian tari wayang topeng yang kami rekam ini akan diikutsertakan dalam lomba skala nasional di TVRI pusat,” ungkap Rieskananta saat melakukan persiapan pengambilan gambar mengenai kegiatan seharihari yang dilakukan Sugiman.

 

 

Komentar atas PESONA INDONESIA, TVRI LIRIK KESENIAN TARI WAYANG TOPENG BOBUNG

L_Meong 25 Maret 2018 19:06:41 WIB
Terimakasih Bapak, atas kunjungannya di website Desa Putat. Terimakasih juga karena senantiasa memantau perkembangan budaya yang ada di Putat, khususnya Bobung. Semoga generasi muda turut melestarikan kebudayaan nenek moyang.
Gatot Rustamaji 23 Maret 2018 12:35:19 WIB
Sungguh...tari wayang topeng Bobung adalah sebuah kreasi seni sebagai bentuk ekspresi keluhuran budi masyarakat Bobung lewat gerak koreografi serta tutur dialog yg epic, sehingga akan berpengaruh terhadap kemartabatan masyarakat yg melestarikannya..masyarakat Bobung Salut...kereeen
L_Meong 20 Maret 2018 12:11:18 WIB
Matur nuwun pak atas kunjungnnya ke website Desa Putat. Semoga hati generasi muda tergugah untuk terus melestarikan budaya nenek moyang.
H.Sukardi 20 Maret 2018 10:28:58 WIB
Mantab Keren semoga kita tetap bisa melestarikan Budaya Kita Sendiri ....

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Putat

tampilkan dalam peta lebih besar